PALANTA

Hal yang paling kecil bisa mengubah hidupmu. Dalam sekejap mata sesuatu terjadi di luar perkiraan dan tak terduga. Mengarahkanmu ke masa depan yang tak pernah kamu bayangkan sebelumnya. Kemana itu akan membawamu ? Itulah perjalanan kehidupan. "YOU'LL NEVER WALK ALONE"

Sabtu, 03 Agustus 2013

Tidur siang membuat seseorang lebih pintar

Mungkin kita masih ingat, waktu kecil sangat sulit sekali bagi orang tua kita menyuruh tidur siang. Karena kita sibuk dengan bermain bersama teman-teman sebaya. Anehnya sekarang setelah dewasa, kita harus mencuri-curi waktu untuk bisa memejamkan mata walaupun hanya untuk beberapa menit saja. Karena sebagian kita jika terlelap sebentar, pengaruhnya sangat besar. Tubuh terasa lebih bugar sesudahnya.

Sebuah penelitian terbaru mengungkakpan bahwa tidur siang yang lelap mampu mendongkrak kapasitas otak secara dramatis. Para peneliti menemukan bahwa tidur siang selama satu jam saja sudah cukup untuk meningkatkan kemampuan otak untuk mempelajari fakta-fakta baru pada jam-jam berikutnya.Karena semakin lama kita bertahan untuk melek, semakin lamban kerja pikiran kita.

Penemuan ini mendukung hasil yang telah diperoleh sebelumnya oleh peneliti yang sama, bahwa begadang semalaman bisa mengurangi kemampuan untuk memasukkan hal-hal baru kedalam pikiran hampir 40%. Karena penutupan otak selama kita kehilangan tidur.

Menurut dr. Matthew Walker "tidur tidak hanya menjadi jalan keluar dari keadaan terjaga yang berkepanjangan, tetapi pada level neurokognitif  hal ini akan menggerakkan kita diluar, dimana kita berada sebelum kita tidur".

Selanjutnya dr. Matthew Walker menjelaskan bahwa tidur juga diperlukan untuk menjernihkan memori jangka pendek otak dan menyediakan ruang untuk penyerpan informasi yang baru. Ibaratnya kotak loker pada kampus yang penuh, jika kita tidak tidur dan tidak membuang email-email yang tidak perlu maka tidak akan bisa menerima email yang baru.


(Referensi : XQP dalam 100 Fakta yang mencerdaskan anda)

Tidak ada komentar: