PALANTA

Hal yang paling kecil bisa mengubah hidupmu. Dalam sekejap mata sesuatu terjadi di luar perkiraan dan tak terduga. Mengarahkanmu ke masa depan yang tak pernah kamu bayangkan sebelumnya. Kemana itu akan membawamu ? Itulah perjalanan kehidupan. "YOU'LL NEVER WALK ALONE"

Kamis, 01 Agustus 2013

Permainan Galasin/Gala/Cak Bur


Permainan galasin atau gala atau cak bur merupakan permainan tradisional yang sudah dipelajari secaran turun temurun. Permainan ini terdiri dari 2 (dua) kelompok, yaitu kelompok penjaga dan kelompok pemain bebas. Jumlah anggota masing-masing kelompok disesuaikan dengan jumlah area permainan. Jarak antara satu penjaga dengan penjaga lainnya adalah 4-5 langkah dan jarak rentangan kesamping kiri kanan adalah 3-4 rentangan tangan.
Aturan permainan:
1. Kelompok penjaga berdiri diatas garis yang sudah ditandai dengan kapur atau sejenisnya.

2. Pemain penjaga bebas bergerak sepanjang garis yang ia jaga sambil membentangkan tangan untuk menjaga pemain bebas untuk melewati setiap garis yang sudah dibuat.
3. Ketua/pemimpin kelompok jaga memiliki tugas ganda, yaitu menjaga garis terdepan dan garis tengah. Garis tengah berfungsi untuk mengepung kelompok pemain bebas dengan bekerjasama dengan penjaga lainnya.
4. Jika salah satu pemain bebas keluar dari garis kiri-kanan atau tersentuh oleh pemain jaga dinyatakan gagal, maka terjadi pergantiaan penjagaan.
5. Pemain bebas yang mampu untuk melewati semua penjaga dari garis star (garis depan) sampai kebelakang dan kembali ke garis star, dinyatakan kelompok pemain bebas telah memenangkan satu ronde permainan.
Nah, bagaimana cara memenangkan permainan ini. Setiap pemain harus bekerjasama satu sama lainnya. Pemain yang agresif dan lincah lebih cenderung memenangkan permainan ini.

Manfaat dari permainan ini adalah:
1. Membina ketangkasan
2. Membangun sikap kepemimpinan
3. Dilatih untuk mampu bekerjasama
4. Melatih untuk merancang strategi dan menerapkannya
5. Melatih kejujuran

Tidak ada komentar: