PALANTA

Hal yang paling kecil bisa mengubah hidupmu. Dalam sekejap mata sesuatu terjadi di luar perkiraan dan tak terduga. Mengarahkanmu ke masa depan yang tak pernah kamu bayangkan sebelumnya. Kemana itu akan membawamu ? Itulah perjalanan kehidupan. "YOU'LL NEVER WALK ALONE"

Jumat, 02 Agustus 2013

Cegukan tanda tubuh kurang istirahat

Mungkin kamu sudah tidak asing lagi dengan cegukan. Orang-orang tua bilang kalau cegukan itu ada orang yang sedang ingat sama kamu, ada juga yang bilang ada orang yang sedang menyebut-nyebut nama kamu, dan ada juga yang bilang kalau kamu kurang minum air putih setelah makan. Kamu boleh saja percaya dengan hal tersebut, mungkin itu adalah pengalaman mereka.

Menurut dr. Karen Wolfe dalam bukunya "Create The Body Your Soul Desires" mengatakan cegukan menandakan tubuh sedang mengalami gangguan ringan.  Cegukan tidak hanya terjadi disebabkan seperti yang katakan oleh orang-orang tua terdahulu. Menurut dr. Karen Wolfe, cegukan yang terjadi padahal kamu tidak memakan  makan sebelumnya menandakan tubuh sedang stres.

Hal ini disebabkan karena tubuh melepaskan homon stres kedalam aliran darah, kemudian meransang serat saraf secara berlebihan. Akibatnya, terjadi kontraksi otot tak sadar yang terletak didekat pita suara sehingga menimbulkan bunyi. Cara termudah untuk meredakan cegukan adalah dengan menelas sedikit gula pasir. Butiran gula pasir akan menstimulasi ujung saraf di balik kerongkongan sehingga menghambat impuls saraf lainnya sehingga cegukan pun reda.

Referensi; Xavier Quentin Pranata (100 Fakta)

Tidak ada komentar: