PALANTA

Hal yang paling kecil bisa mengubah hidupmu. Dalam sekejap mata sesuatu terjadi di luar perkiraan dan tak terduga. Mengarahkanmu ke masa depan yang tak pernah kamu bayangkan sebelumnya. Kemana itu akan membawamu ? Itulah perjalanan kehidupan. "YOU'LL NEVER WALK ALONE"

Kamis, 01 Agustus 2013

Memotong kuku menyebabkan kebutaan

Waktu kecil saya sering dinasehati oleh ibu, bahwa tidak boleh memotong kuku dimalam hari karena menyebabkan kebutaan. Waktu itu saya menuruti saja karena takut terjadi hal yang seperti itu. Tidak terbayang dan betapa besarnya penyesalan yang saya derita jika mata saya buta hanya disebabkan oleh memotong kuku dimalam hari. Sampai sekarang hal yang seperti itu masih berkembang. Sepertinya warisan nenek moyang masih terlalu mahal untuk dihilangkan begitu saja. Namun, apakah benar memotong kuku malam hari bisa menyebabkan kebutaan ?

Setelah diselidiki ternyata itu hanya mitos atau kiasan dalam kehidupan. Karena bagi masyarakat nagari/pedesaan yang belum terjangkau oleh listrik, pilihan untuk alat penerangan pada malam hari hanyalah lampu minyak tanah atau damegh (dalam bahasa sebagian masyarakat Minang, *memang sulit melafazkannya) atau lampu cogok sebutan bagi sebagian masyarakat minang yang tinggal di perkotaan. Jadi, jika hanya mengandalkan alat penerangan tersebut, kemungkinan terjadinya luka bagi seseorang yang memotong kuku pada malam hari sangat besar. Sesuai dengan kebudayaan minangkabau yang lebih mengutamakan bahasa kiasan, maka kiasan inilah yang sangat cocok untuk melarang anak-anak untuk tidak memotong kuku pada malam hari.

Tidak ada komentar: